UJIAN TENGAH SEMESTER
PROGRAM PROFESI DUA
TAHUN
SEMESTER GANJIL ( I)
Mata Kuliah : Pengembangan Diri I
Hari / Tanggal : Selasa, 04 Desember
2012
Waktu : 90 Menit
Waktu : 90 Menit
Jenis Ujian : Essay, Tutup Buku
Dosen : Adi Warsito
Ketentuan Ujian :
- Jawaban Anda di isi pada lembar soal ini dengan menggunakan warna tulisan yang berbeda dengan soal.
- Save As jawaban Anda dengan format “NamaAnda_UTS_PD1”
- Kirimkan jawaban Anda ke email adi@nurulfikri.com cc ke akhi_kyo@yahoo.com
- Jawaban paling lambat harus masuk ke email tersebut pkl. 17.00 pada hari UTS
- Bagi yang mencontek, saya tau dan nilai langsung “nol”
- Jelaskan yang dimaksud dengan tipe pembelajar auditori, visual dan kinestetik ?? dan berikanlah contoh nya!!
- auditori adalah tipe pembelajar dengan cara lebih banyak mendengarkan. Contoh: mendengarkan ceramah, radio, mp3, dll.
- visual adalah tipe pembelajar dengan cara lebih banyak melihat. Contoh: membaca buku, gambar, dll.
- Kinestetik adalah tipe pembelajar dengan cara lebih banyak praktek. Contoh: membuat produk, dll.
- Sebutkan dan jelaskan macam-macam gaya belajar yang Anda ketahui ?!
- Narative Learning: gaya belajar dengan pola seperti sebuah cerita.
- Visual Learning: lebih banyak melihat bacaan atau gambar dalam belajar.
- Analisa: lebih banyak menganalisa dengan simbol.
- Audio: lebih banyak mengandalkan pendengaran dalam belajar.
- Rote Learning.
- Matematik: menggunakan rumus-rumus.
- Dalam belajar setiap orang mempunya strategi untuk mendukung suksesnya pembelajaran. Strategi belajar seperti apa yang biasanya Anda gunakan ? Jelaskan!
- Belajar seoptimal mungkin.(belajar sampai apa yang kita pelajari benar-benar kita pahami maksudnya)
- Mengambil hikmah dari setiap kejadian yang kita lalui.(menjadikan hikmah tersebut menjadi sebuah pelajaran bagi kita)
- Memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin.(gunakan setiap waktu yang ada untuk belajar apapun)
- Tidak mennyianyiakan waktu.(tidak menggunakan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna)
- Cari sesuatu yang bisa menambah semangat belajar kita.(misal: makanan, minuman, teman belajar, mendengarkan musik, dll)
- Apakah yang dimaksud dengan Manajemen Waktu Belajar menurut Islam yang Anda ketahui?!Mengatur waktu belajar sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, yaitu kita bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk belajar hal-hal yang positif, dan jika kita sudah selesai mengerjakan suatu kegiatan maka hendaknya kita melanjutkan dengan kegiatan lainnya(jangan sampai ngangur).
- Jelaskan yang dimaksud dengan :
- Kekuatan membaca dengan hati ? Berikanlah contohnya!Membaca dengan hati lebih kuat ingatannya dan lebih terasa maknanya dari pada membaca dengan lisan. Contoh: berdzikir, berdo'a, dll.
- Ketrampilan mencatat dengan hati? Berikanlah contohnya!Mencatat apa yang kita pelajari dengan hati bukan dengan akal dan memaknai langsung apa yang kita pelajari. Contoh: membaca buku pelajaran, lalu kita mencari maknanya dan kita simpan dalam hati serta mengaplikasikannya dalam kehidupan kita.
- Kekuatan berfikir dengan hati ? Berikanlah contohnya!Bertanya langsung pada hati kita jika kita menemui kesulitan-kesulitan yang ada dan memahami apa yang sedang kita pelajari. Contoh: jika ada suatu pelajaran yang sulit dimengerti, kita tidak langsung merasa putus asa tapi kita merenungi dimana letak kesalahan kita dan kita langsung mengevaluasinya.
- Rasulullah SAW bersabda; “Hikmah itu adalah barang yang hilang milik orang yang beriman. Di mana saja ia menemukannya, maka ambillah.” (HR. Tirmidzi). Apa yang dimaksud dengan hal tersebut menurut Anda?
- Kita seharusnya mengambil hikmah/pelajaran dari apa yang terjadi pada kita dan di sekitar kita dan menjadikannya sebuah batu loncatan untuk lebih baik pada kedepannya.
- Jangan mengambil sebuah keputusan menggunakan akal dan nafsu, tapi dengan hikmah yang pernah kita dapatkan atau dengan hati.
-------------Ikatlah
Ilmu Dengan Menulisnya------------Ingat Allah Selalu Bersama
Kita--------------
0 komentar:
Posting Komentar