Selasa, 04 Desember 2012

SIM


  1. Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atau elemen yang saling berinteraksi, saling terkait, atau saling bergantung membentuk keseluruhan yang kompleks.
  2. Informasi adalah sekumpulan data yang sudah diolah/ diproses dan dibentuk menjadi lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
  3. Managemen Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Manajemen adalah “penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran”.
  4. Sistem Informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.
  5. Sistem Informasi Managemen adalah sebuah sistem (manusia/mesin) yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah “data base”.
  6. Lingkup/batasan dalam suatu sistem:
    1. Ruang lingkup menurut wilayah: sesuai batasan daerah.
    2. Ruang lingkup menurut objek: sesuai objeknya.
    3. Ruang lingkup menurut fungsi/urutan: sesuai dengan urutan-urutan dan fungsinya.
  7. #sistem tertutup: tidak bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar/dunia luar dalam mengambil sebuah keputusan.
    #sistem terbuka: bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar/dunia luar dalam mengambil sebuah keputusan.
  8. Feedback adalah suatu umpan balik dalam sebuah sistem, dimana feedback tersebut dijadikan bahan evaluasi pada sistem tersebut dan mengatur sistem tersebut agar sesuai tujuan. Contoh: penerapan umpan balik negatif yaitu penerapan thermostat pada sistem pendingin (AC).
  9. Level Management:
    1. Top Management: bertugas menrencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Kebutuhan informasi: informasi tentang perusahaan.
    2. Middle Management: mencakup semua management antara low management dan top management dan bertugas sebagai penghubung keduanya. Kebutuhan informasi: hasil produksi, laporan keuangan, dll.
    3. Low Management: bertugas memimpin dan mengawasi karyawan yang terlibat dalam proses produksi. Kebutuhan informasi: Daftar hadir karyawan, Proses Produksi, dll.
  10. Sistem Penunjang Keputusan (SPK) adalah suatu sistem yang berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu pengambil keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur.
  11. ERP (Enterprise Resource Planning) adalah system yang sudah terintegrasi dalam proses bisnis di perusahaan agar lebih responsif dalam menanggapi kebutuhan customer.
  12. HRM (Human Resources Management) adalah pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balas jasa dan pengelolaan individu anggota orginisasi atau kelompok kerja.
  13. CRM (Costumer Relationship Management) adalah proses mengidentifikasi, menarik, membedakan dan mempertahankan customer.
  14. SCM (Supply Chain Management) adalah konsep atau mekanisme untuk meningkatkan produktivitas total perusahaan dalam rantai suplai melalui optimalisasi waktu, lokasi dan aliran kuantitas bahan.




  1. SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN
Objek
1. Petugas perpustakaan
2. Buku, cd, majalah
3. Peminjaman
4. Pengembalian
5. Pelaporan
6. Anggota
Proses
Petugas -> jadwal petugas -> petugas jaga
Petugas -> anggota -> anggota baru
Petugas -> peminjaman -> buku dipinjam
Petugas -> pengembalian -> buku yang dikembalikan
Petugas -> pelaporan -> kepala perpustakaan
Kamus data
Data anggota : kd_anggota, nama_anggota, alamat_anggota
Data buku : kd_buku, judul_buku, pengarang_buku, penerbit_buku
Data peminjaman : kd_anggota, kd_buku tgl_pinjam, tgl_kembali
Data Pengembalian : kd_anggota,kd_buku, tgl_pinjam, tgl_kembali, denda
Data petugas : nip, nama_petugas, alamat_petugas

0 komentar:

Posting Komentar